COSO Merilis Pedoman Pemantauan Sistem Pengendalian Internal

Dibaca 4,852 kali

Committee of Sponsoring Organizations of The Treadway Commission atau yang lebih dikenal dengan COSO pada tahun 2009 merilis Pedoman Pemantauan Sistem Pengendalian Internal (Guidance on Monitoring Internal Control Systems). Pedoman ini dimaksudkan untuk membantu organisasi memantau efektivitas sistem pengendalian internal mereka dan mengambil tindakan perbaikan yang diperlukan secara tepat waktu. Meskipun pada saat ini banyak organisasi telah melakukan pemantauan pengendalian internal secara efektif, namun informasi yang diberikan seringkali tidak dimanfaatkan. Sebaliknya dalam kasus lain, seringkali pemantauam yang rutin dan efektif tidak dilakukan, sehingga pengujian tambahan harus dilakukan pada saat menjelang akhir tahun. Hal ini tentu saja akan menambah biaya ekstra. Dalam kedua kasus tersebut, pedoman ini diharapkan dapat meningkatkan pemantauan pengendalian internal yang lebih efektif dengan biaya yang lebih efisien.

Larry Rittenberg, Ph.D., CIA, CPA , Chairman COSO, menyatakan “COSO percaya bahwa banyak organisasi dapat mencapai efisiensi yang lebih besar dengan melakukan pemantauan proses pengendalian internal yang sedang berlangsung.” Lebih lanjut dikatakan dia, “Pedoman ini merupakan upaya untuk membantu organisasi mencapai tujuan itu. Pedoman ini disusun sedemikian rupa sehingga mudah diadaptasi oleh setiap organisasi, dan membantu pembaca memahami bahwa pemantauan pengendalian internal yang efektif adalah pemantauan yang berbasis risiko dan sistem sekaligus. ”

Pedoman ini terdiri dari empat halaman Pendahuluan dan tiga volume. “Volume I: Pedoman” menyajikan prinsip-prinsip dasar pemantauan yang efektif, merujuk pada COSO Internal Control – Integrated Framework. “Volume II: Aplikasi” menyampaikan secara lebih rinci prinsip-prinsip yang diuraikan dalam Volume I dan memberikan pedoman kepada mereka yang bertanggung jawab untuk melaksanakan pemantauan yang efektif. “Volume III: Contoh-contoh” memberikan studi kasus monitoring pengendalian internal.

COSO menunjuk Grant Thornton LLP pada bulan Januari 2007 untuk memimpin pengembangan pedoman ini dengan tim supervisi yang terdiri dari wakil-wakil dari lima organisasi yang mensponsori COSO. Tim ini juga dibantu para ahli lainnya serta partisipasi dari US Government Accountability Office, wakil dari kantor-kantor akuntan, SEC dan PCAOB. Karena pentingnya proyek pengembangan pedoman ini, sebelum pedoman ini resmi dipublikasikan, telah dilakukan dua kali eksposur kepada publik.

Sebagai pengingat, COSO merupakan organisasi swasta sukarela yang berdedikasi untuk memperbaiki kualitas pelaporan keuangan melalui etika bisnis, pengendalian internal yang efektif, dan corporate governance, yang dibentuk pada tahun 1985. COSO terdiri dari American Accounting Association (AAA), American Institute of Certified Public Accountants (AICPA), Financial Executives International (FEI), Institute of Management Accountants (IMA), dan The Institute of Internal Auditor (IIA), mensponsori Komisi Nasional Kecurangan Pelaporan Keuangan (National Commission on Fraudulent Financial Reporting).