Enam Langkah Mendapatkan Sertifikasi Profesi IIA

Dibaca 12,294 kali

Langkah 1: Tentukan Mana Sertifikasi yang Cocok untuk Anda

Certified Internal Auditor ® (CIA ®) adalah adalah satu-satunya gelar sertifikasi yang diterima secara global dalam profesi auditor internal. Untuk mendapatkan gelar ini Anda harus lulus dalam 4 bagian (part) ujian yang merepresentasikan uji kompetensi dan profesionalisme Anda di bidang audit internal.
Di samping CIA, IIA juga menawarkan tiga sertifikasi khusus lainnya, yaitu: 1. Certification in Control Self-Assessment® (CCSA®); 2. Certified Government Auditing Professional® (CGAP®); and 3. Certified Financial Services Auditor® (CFSA®). Masing-masing gelar harus melalui satu ujian, di mana bila Anda lulus, dapat menjadi kredit bagi Part IV ujian CIA.

Langkah 2: Tentukan Tingkat Keahlian dan Kesiapan Anda

Masing-masing dari program sertifikasi IIA tersebut menuntut Anda memenuhi persyaratan, latar pendidikan, pengetahuan dan keahlian tertentu agar Anda dapat melalui ujian dengan sukses. Anda yang berlatar belakang atau memiliki pemahaman yang kuat di bidang manajemen, keuangan dan akuntansi, serta teknologi informasi biasanya akan diuntungkan dalam melalui ujian CIA part I, II, dan III. Untuk mengetahui tingkat kesiapan, Anda dapat melakukan latihan-latihan soal yang disediakan baik oleh IIA maupun oleh lembaga-lembaga independen. Walaupun skor latihan tidak selalu menunjukkan apa yang akan Anda dapatkan pada ujian sertifikasi, paling tidak skor tersebut dapat menujukkan kesiapan Anda dan untuk mengevaluasi di bidang apa saja Anda memerlukan perbaikan.

Langkah 3: Daftar untuk Ujian

Ujian sertifikasi IIA kini berbentuk tes berbasis komputer, sehingga bisa dilakukan sepanjang tahun di lebih dari 500 lokasi di seluruh dunia, termasuk di Jakarta (3 lokasi). Pendaftaran dapat dilakukan secara online, kecuali untuk beberapa negara mandiri termasuk Indonesia. Untuk Indonesia dapat mendaftar di:

Phil Leifermann, CIA, CFSA
Insight Consulting
Sona Topas Tower, Level 12A
Jl. Jend. Sudirman Kav. 26
Jakarta, 12920
Phone: +62 21 250-6696
Fax: +62 21 250-6697
E-mail: phil.leifermann@insight.co.id
Web site: www.insight.co.id

Langkah 4: Persiapan untuk Ujian

Anda dapat mengikuti kelas-kelas kursus persiapan ujian sertifikasi IIA, atau Anda juga dapat mempersiapkan diri secara mandiri. Universitas Indonesia, Binus, atau YPIA biasanya memiliki kelas semacam itu. Untuk Anda yang ingin mempersiapkan diri secara mandiri atau Anda yang di luar jakarta, dapat memiliki buku-buku dan/atau soal-soal latihan dalam bentuk interaktif (CD maupun online) yang disusun oleh Gleim, Wiley, dan lain-lain. IIA sendiri juga memberikan kursus online persiapan ujian CIA.

Langkah 5: Mengambil Ujian

Ujian sertfikasi IIA dilakukan dengan tes berbasis komputer (CBT), di mana IIA telah bekerja sama dengan jaringan global CBT Pearson VUE, sehingga peserta ujian dapat mengikuti ujian di Testing Center tertentu yang dikelola oleh Pearson VUE. Di Jakarta, ada tiga lokasi Pearson VUE yang tersedia untuk ujian IIA yaitu di Salemba, Senayan, dan Pancoran.

Langkah 6: Menerima Sertifikat Anda

Begitu Anda telah lulus semua ujian dan memenuhi semua persyaratan program lainnya, Anda akan diberikan sertifikat dan akan disistribusikan melalui IIA.

Referensi lebih lanjut dapat dibaca pada Certification Candidate Handbook.