Persyaratan Program Pemastian Kualitas dan Peningkatan

Dibaca 620 kali

Dalam standar 1310 mengenai persyaratan program pemastian kualitas dan peningkatan (QAIP) digariskan bahwa program tersebut harus meliputi penilaian internal dan penilaian eksternal. Selanjutnya diatur lebih rinci sebagai berikut:

1. Program pemastian kualitas dan peningkatan merupakan suatu proses penilaian yang dilakukan secara terus-menerus dan juga secara berkala terhadap keseluruhan spektrum pekerjaan audit dan konsultasi yang dilakukan oleh Aktivitas Audit Internal. Proses penilaian tersebut terdiri dari proses-proses yang komprehensif dan teliti, pengawasan dan pengujian terus menerus terhadap pekerjaan audit dan konsultasi yang dilakukan, serta validasi secara periodik kesesuaian pekerjaan tersebut dengan Definisi Audit Internal, Kode Etik, maupun Standar. Hal ini juga mencakup pengukuran dan analisis terus-menerus atas metrik-metrik indikator kinerja (misalnya, pencapaian rencana kerja audit internal, waktu siklus audit, rekomendasi yang diterima, serta kepuasan pelanggan). Jika hasil penilaian menunjukkan area-area tertentu memerlukan perbaikan, CAE harus segera menerapkan program perbaikan melalui QAIP.

2. Proses penilaian tersebut mengevaluasi dan memberikan kesimpulan atas kualitas Aktivitas Audit Internal serta akan menghasilkan rekomendasi bagi perbaikan yang diperlukan. QAIP meliputi evaluasi-evaluasi atas:

  • Kesesuaian dengan Definisi Audit Internal, Kode Etik, dan Standar, termasuk tindakan korektif secara tepat waktu bila terjadi ketidaksesuaian yang signifikan.
  • Kecukupan piagam Aktivitas Audit Internal, tujuan, sasaran, kebijakan, serta prosedur.
  • Kontribusi terhadap proses tata kelola, manajemen risiko, serta pengendalian internal organisasi.
  • Kepatuhan terhadap hukum yang berlaku, peraturan, dan serta standar pemerintah ataupun industri.
  • Efektivitas perbaikan kegiatan secara terus-menerus serta adopsi praktik-praktik terbaik.
  • Sejauh mana Aktivitas Audit Internal menambah nilai dan meningkatkan operasi organisasi.

3. Upaya-upaya QAIP juga meliputi tindak lanjut atas rekomendasi berupa modifikasi yang tepat guna dan tepat waktu dalam hal sumber daya, teknologi, proses, dan prosedur.

4. Untuk memberikan akuntabilitas dan transparansi, CAE mengomunikasikan hasil program penilaian eksternal dan, bila dipandang perlu, hasil penilaian internal kepada pihak-pihak pemangku kepentingan (seperti manajemen senior, Dewan, dan auditor eksternal). Sekurang-kurangnya sekali dalam setahun, CAE melapor kepada manajemen senior dan Dewan mengenai upaya-upaya program kualitas yang dilakukan serta hasil-hasilnya.

Referensi:

  • Practice Advisories # 1310-1 IPPF Jan 2009
Tags: