COSO Terbitkan Dua Makalah Pemikiran Terkait ERM

Dibaca 2,539 kali

COSO – sebuah organisasi yang memberikan pemikiran dan pedoman terkait pengendalian internal, manajemen risiko perusahaan (ERM), dan pencegahan kecurangan – merilis dua makalah pemikiran tambahan baru yang berkaitan dengan ERM pada 11 Januari 2011 lalu. Makalah-makalah ini dimaksudkan untuk memberikan pedoman bagi organisasi dalam menerapkan atau mematangkan proses ERM yang mereka terapkan.

Makalah pemikiran yang pertama, “Embracing Enterprise Risk Management: Practical Approaches for Getting Started, yang dikembangkan oleh Mark Frigo dan Richard Anderson dari Pusat Strategi, Pelaksanaan, dan Penilaian di De Paul University, menjelaskan bagaimana sebuah organisasi dapat memulai menerapkan proses ERM. Makalah ini juga membahas hambatan yang dirasakan dalam menerapkan ERM yang efektif beserta cara-cara melalui hambatan-hambatan tersebut. “Memulai proses ERM adalah tugas yang menakutkan bagi banyak organisasi” kata Anderson. “Makalah ini memberikan sebuah rencana aksi yang dapat digunakan sebagai alat yang nyata dalam implementasi ERM.”

Makalah pemikiran COSO yang kedua, “Developing Key Risk Indicators to Strengthen Enterprise Risk Management, yang dikembangkan oleh Inisiatif ERM di North Carolina State University, membahas pentingnya mengembangkan indikator risiko kunci (KRI) yang akan digunakan untuk memonitor risiko-risiko yang muncul yang dapat mempengaruhi keberhasilan strategis perusahaan . “KRI dapat berfungsi sebagai indikator utama bagi manajemen senior dan dewan direksi dalam memonitor untuk memastikan bahwa risiko-risiko utama tersebut tidak berpengaruh negatif terhadap pencapaian tujuan strategis,” menurut Mark Beasley, Deloitte Profesor Manajemen Risiko dan Direktur Inisiatif ERM Negara Bagian North Carolina dan penulis pendamping makalah pemikiran ini.

“Pada saat ini begitu banyak kegiatan dalam rangka implementasi dan atau peningkatan proses ERM oleh berbagai organisasi dalam berbagai ukuran” kata David Landsittel, ketua COSO. “Mengingat COSO mendedikasikan diri untuk menyediakan kepemimpinan dalam pemikiran ERM, kita mengeluarkan kedua makalah ini dengan tujuan membantu organisasi menjadi lebih kuat dalam menjalankan manajemen risiko.”

Salinan makalah pemikiran ini dapat di-download secara gratis dari situs web COSO, ( www.coso.org ). COSO juga mendorong organisasi yang menginginkan untuk memperkuat proses ERM mereka, mempertimbangkan Enterprise Risk Management – Integrated Framework tahun 2004, beserta tulisan-tulisan dan laporan survei yang diterbitkan sebelumnya tentang ERM. Semua dapat diakses melalui situs web COSO tersebut.

Tags: , ,