COSO Terbitkan Makalah Pemikiran terkait Selera Risiko

Dibaca 1,110 kali

Hari Jumat, 20 Januari 2012, kemarin, pada saat kita memasuki long-weekend, COSO mengeluarkan makalah pemikiran (thought paper) berjudul “Memahami dan Mengomunikasikan Selera Risiko” (“Understanding and Communicating Risk Appetite“) di Altamonte Spring, Florida, Amerika Serikat. Makalah pemikiran ini merupakan makalah terbaru dalam serial makalah terkait ERM yang dikeluarkan oleh COSO, yang bertujuan untuk membantu organisasi dalam mengartikulasikan, mengembangkan, dan menerapkan “risk appetite” secara lebih baik.

Chairman COSO, David Landsittel dalam rilisnya mengatakan, “Salah satu tujuan terpenting COSO  adalah membantu para eksekutif dan Dewan menerapkan proses ERM secara efektif dengan menyediakan bagi mereka makalah-makalah yang mendiskusikan isu-isu penting dalam menyukseskan penerapan ERM.” “Makalah ini menekankan gagasan bahwa mengembangkan dan mengomunikasikan selera risiko harus dilihat sebagai bagian penting dari proses ERM oleh organisasi,” demikian lanjutnya.

Makalah itu sendiri ditulis oleh  Prof Larry Rittenberg dari University of Wisconsin-Madison bersama dengan Frank Martens, salah seorang Direktur di PwC. Menurut mereka, selera risiko adalah jumlah risiko yang bersedia diambil oleh suatu organisasi dalam mengejar tujuan mereka. Dalam makalah ini mereka memberikan contoh pernyataan selera risiko dan menekankan gagasan bahwa selera risiko tersebut harus disetujui oleh Dewan, dikomunikasikan oleh manajemen, dan diintegrasikan di seluruh penjuru organisasi.

“Organisasi menghadapi risiko setiap hari karena mereka terus mengejar tujuan mereka, dan selera risiko merupakan bagian integral dari sistem ERM yang efektif, ” kata Rittenberg. “Ini tampak seperti  topik yang sulit dipahami, namun kenyataannya adalah bahwa selera risiko yang dikomunikasikan dengan baik akan berfungsi sebagai batas di mana  sebuah organisasi akan mengambil risiko, dan
jumlah risiko ini harus dipertimbangkan pada saat organisasi menetapkan strategi atau tujuannya.”

Makalah “Enterprise Risk Management – Understanding and Communicating Risk Appetite” ini dapat diunduh secara gratis di website COSO   atau website organisasi para sponsor. COSO juga mendorong para praktisi ERM untuk mengeksplorasi makalah-makalah lain sebelumnya, termasuk COSO  Enterprise Risk Management – Integrated Framework  2004, sebagaimana dapat dilihat pada website COSO tersebut.

Tags: