Practice Guide Baru: QAIP untuk Mencapai dan Mempertahankan Kualitas

Dibaca 727 kali

Tanggal 18 Maret 2012 ini, The IIA merilis satu lagi Practice Guide (PG) baru bertajuk “Quality Assurance and Improvement Program” yang lazim disingkat dengan QAIP. PG ini merupakan pedoman lebih lanjut dari rumpun Standar 1300 mengenai QAIP dan juga rangkaian practice advisories (PAs) terkait dengan standar tersebut. Sebagaimana kita ketahui, dalam struktur IPPF secara hirarkis, Standar merupakan kewajiban yang harus diikuti (mandatory). Sementara itu PA dan PG berada di bawahnya yaitu strongly recommended. Semakin ke bawah, pedoman bersangkutan semakin rinci, namun juga semakin tidak mengikat.

Terdiri dari 29 halaman, PG QAIP ini merinci lebih lanjut makna kualitas dengan dua aspeknya yang perlu dikonformasi yaitu standar dan ekspektasi para pemangku kepentingan dari aktivitas audit internal. Dibedakan pula dalam PG tersebut makna conformance dan compliance, di mana QAIP diharapkan dapat mendorong kesesuaian (conform) terhadap prinsip-prinsip dalam spiritnya, bukan sekedar kesesuaian (comply) tekstual semata. Tak kalah penting, PG juga menggariskan bahwa kualitas dibangun secara melekat dalam sistem dan proses. Bukan dibangun di atas (on to), namun di dalam (in to) sistem dan proses penjaminan kualitas.

Selanjutnya, beberapa hal yang menjadikan PG ini memberikan panduan yang lebih konkret, antara lain:

  • Panduan menyusun kerangka QAIP
  • Skala penilaian yang digunakan dalam QAIP
  • Penerapan Deming Cycle (Plan-Do-Check-Act) dalam mengembangkan dan menerapkan QAIP
  • Pendekatan yang digunakan dalam QAIP: standard-based vs program based
  • Contoh-contoh aplikasi, dan seterusnya.

Meski demikian, panduan dan contoh-contoh dalam PG bersifat umum, sehingga diharapkan dapat digunakan oleh aktivitas audit internal pada berbagai ukuran dan sifat.

Bagi Anda yang menjadi anggota IIA, Anda sudah dapat mengunduh PG tersebut secara gratis di sini. Bagi yang tidak menjadi anggota, Anda bisa mendapatkannya di IIA Bookstore.