SNIA YPIA 2012

Dibaca 1,811 kali

Yayasan Pendidikan Internal Audit atau lebih beken dengan sebutan YPIA akan kembali menggelar event tahunan untuk profesional audit internal bertajuk “Seminar Nasional Internal Audit – 2012”, di Surabaya, 25-26 April 2012 mendatang. Tema yang diambil untuk tahun ini, tampak general namun mendasar, adalah “ASSURANCE AND CONSULTING: Perjuangan Membangun Nilai Tambah Organisasi”. Dari materi dan pembicara yang diundang, sepertinya seminar berskala nasional ini akan cukup banyak membahas hal-hal baru.

Seminar yang digelar di Hotel Shangri-La ini cukup serius merespons perkembangan terkini dari profesi audit internal. Sebagaimana menjadi berita hangat dalam setahun terakhir, COSO sedang terus menggodok revisi “Internal ControlIntegrated Framework” dan pada saat ini telah sampai pada tahap penyampaian draf eksposur untuk mendapatkan tanggapan publik. Tidak tanggung-tanggung, untuk memberikan keynote speech terhadap framework tersebut, YPIA akan mendatangkan salah satu COSO Board member, Sandra B. Richtermeyer, PhD., CMA, CPA, langsung dari Amerika.

Tak hanya keynote speech, Profesor Sandra juga akan mengisi diskusi panel bersama Prof. DR Mardiasmo, Ak., MBA (Kepala BPKP RI) serta dua profesional lainnya dari United Nations dan Queensland Health Department, dengan topik “Re‐engaging Management and Stakeholders in Internal Control“.

Selain internal control yang menjadi isu hangat tersebut, seminar ini juga akan membahas konsep dan praktik hal-hal baru lainnya seperti mengaudit lingkungan pengendalian, assurance map, auditing sektor publikcontinuous monitoringassurance dan consulting dalam manajemen risiko ISO 31000, assurance dan consulting dalam konvergensi IFRS, dan sebagainya. Pemateri dari berbagai kalangan mulai dari pejabat pemerintahan, praktisi, dan akademisi, baik internasional, regional, maupun nasional tentunya akan menambah bobot seminar kali ini.

Beberapa nama yang dijadwalkan akan memberikan persentasi maupun menjadi panelis antara lain:

  • Professor Sandra B. Richtemeyer, (COSO Board Member; Past Chair IMA)
  • Setio Anggoro Dewo (Direktur Keuangan, PT PLN (Persero)) *)
  • Dwi Sucipto (Direktur Utama, PT Semen Gresik (Persero) Tbk.) *)
  • Indra Widjaja (SKAI Bank Permata)
  • Wee Hock Kee (CG Board Asia Pacific)
  • Deni Ratno Tama (Director in Forensic Services, Deloitte Indonesia)
  • Carman Louise Lapointe (Under Secretary General for Audit and Oversight, United Nation *)
  • Prof. Dr. Mardiasmo, Ak, MBA (Head of BPKP)
  • Robert McDonald (Senior Director, Assurance and Risk Advisory Services Queensland Health)
  • Dr. I Made Suwandi M.Soc.Sc. *) (Direktur Jenderal Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri)
  • Prof. A. Ramlan Surbakti, Drs., MA., PhD *) (Guru Besar Universitas Airlangga)
  • Dr. Cyrillus Herinowo *) (Komisaris Independen BCA)
  • Satriyo (CAE, PT Semen Gresik (Persero) Tbk.)
  • Martinus Wisnu Adji (VP Financial & Logistic Policy, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.)
  • Robert McDonald (Senior Director, Assurance and Risk Advisory Services Queensland Health)
  • Soehartono  (CAE,  PT PGN (Persero) Tbk.)

*) sesuai jadwal yang kami terima dari YPIA, masih menunggu konfirmasi.

Materi-materi yang penting dan tidak basi serta pemateri yang berbobot tentu akan sangat penting bagi para praktisi yang ingin menambah pengetahuan dan ketrampilan dari sebuah seminar nasional. Sudah seharusnya SNIA bukan sekedar ajang wisata berbalut tugas belajar dari kantor. Namun agak sayang memang, YPIA tidak memasukkan revisi standar audit internal 2013 yang juga telah masuk tahap draf eksposur ke dalam seminar ini. Padahal Standar ini mandatory alias wajib dalam struktur pengaturan profesi audit internal. YPIA juga tidak memberi porsi bagi audit internal yang mengambil spesialisasi sistem informasi.

Ya, memang sulit untuk bisa mengharapkan semua hal dalam satu keranjang. Betapapun, YPIA sudah merencanakan SNIA yang kita harapkan bisa lebih baik dari konferensi ataupun seminar audit internal yang sudah-sudah.

Anda berminat berpartisipasi dalam SNIA YPIA 2012 ini? Silakan kontak YPIA untuk info lebih rinci:

YAYASAN PENDIDIKAN INTERNAL AUDIT 
Graha Sucofindo Lt.3
Jl. Raya Pasar Minggu Kav.34 Jakarta 12780
Telp. 021-7985555, Fax. 021-7986666
email: info@ypia.co.id ypia@dnet.net.id