Sawyer’s Internal Audit Edisi ke-6 Telah Terbit!

Dibaca 5,424 kali

Bagi Anda pengguna buku teks audit internal karangan Lawrence B. Sawyer yang legendaris itu, bisa jadi ini berita yang ditunggu-tunggu. Kini buku tersebut telah masuk pada edisi ke-6!

Buku “Modern Internal Auditing” karya Sawyer telah menjadi salah satu tonggak penting dan turut membentuk profesi Audit Internal. Buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1973. Walaupun prinsip-prinsip dasar audit internal relatif tetap, namun lingkungan bisnis global yang terus berubah mengharuskan auditor internal untuk terus mengadaptasi posisi mereka agar tetap terus memberikan nilai tambah dalam organisasi mereka.

Benar bahwa framework praktik profesional dari IIA memberikan panduan bagi evolusi peran dan praktik profesi audit internal. Namun buku ini, dari satu edisi ke edisi yang lain, memberikan panduan lebih detil bagaimana sebaiknya auditor internal menjalankan profesi ini.

Filosofi Sawyer sendiri adalah bahwa auditor internal harus memperhatikan berbagai tren yang muncul dengan tetap memperhatikan perubahan IPPF dari IIA, teknologi, ketentuan perundang-undangan, dan secara efektif merespons setiap perubahan ini.

Berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya, pada Edisi ke-6 ini Sawyer’s Internal Audit dibagi dalam 3 volume, yang masing-masing mencakup indeks dan daftar istilah untuk kemudahan referensi, sebagai berikut:

Volume 1: Esensi Audit Internal (Internal Audit Essensials)
Volume 2: Proses dan Metode Audit Internal
Volume 3: Esensi Tata Kelola, Manajemen Risiko, Kepatuhan (GRC Essentials)

Volume 1: Internal Audit Essentials

Volume ini memberikan informasi mendasar mengenai latar belakang praktik audit internal. Perkembangan historis praktik audit internal dieksplorasi dari waktu ke waktu hingga bentuk praktiknya seperti sekarang ini yang berbasis risiko. Model risiko dan pengendalian diperkenalkan bersama dengan kerangka teknologi informasi. Hal yang penting juga adalah perbedaan antara aktivitas assurance dan konsultasi serta aktivitas lain-lain, termasuk kemungkinan menggabungkan beberapa bentuk penugasan campuran (blended) antara assurance dan konsultasi.

Volume 2: Proses dan Metode Audit Internal

Volume 2 lebih berhubungan dengan praktik daripada Volume 1 di atas. Dimulai dengan pandangan yang lebih luas dalam mengelola hubungan klien dan stakeholder serta mengelola proses audit, kemudian menyempit pada proses dan metode audit tertentu, seperti:

  • Mendefinisikan semesta audit / risiko.
  • Menrencanakan penugasan assurance.
  • Mengevaluasi desain pengendalian.
  • Menguji pengendalian.
  • Mendokumentasikan penugasan yang dilakukan.
  • Mengomunikasikan hasil.
  • Melakukan kegiatan konsultasi.

Volume 3: GRC Essentials

Volume ini meng-cover hal baru dengan menyajikan tata kelola, manajemen risiko, dan kepatuhan (GRC) secara holistik. Kemudian masing-masing konsep diuraikan dalam bab-bab secara terpisah. Volume ini juga membahas tanggung jawab khusus auditor internal dalam kecurangan (fraud) dan etika, termasuk juga peran yang disarankan dalam CSR, sustainabilty, dan lain-lain.

Anda bisa mendapatkan buku tersebut di sini, dengan harga $140 (member IIA) dan $180 (Nonmember).