Draf Eksposur Kompendium ICEFR COSO Menunggu Komentar

Dibaca 361 kali

Kalau Anda adalah orang yang bertanggung jawab dalam mendesain, mengimplementasikan ataupun menjalankan pengendalian internal dalam kaitan pelaporan eksternal organisasi Anda, ada baiknya Anda memperhatikan draf eksposur ini dengan seksama. Sebab, cepat atau lambat, kompendium ini kelak akan menjadi salah satu acuan dalam tugas yang Anda emban tersebut.

Sebagaimana telah ramai diberitakan sejak dua tahun terakhir, COSO akan segera merilis revisi kerangka kerja (Framework) pengendalian internal mereka pada tahun 2013 mendatang. Pada Framework yang baru, nantinya kerangka pengendalian internal ini akan terdiri dari 3 volume, yaitu executive summary, framework and appendices, dan illustrative tools for assessing effectiveness of a system of internal control. Di luar ketiga volume tersebut, COSO juga akan menerbitkan “Internal Control over External Financial Reporting (ICEFR):
Compendium of Approaches and Examples” untuk memberikan pendekatan praktis dan contoh-contoh yang menggambarkan bagaimana komponen-komponen dalam Framework diterapkan dalam penyiapan laporan eksternal. Bila ketiga volume dalam Framework tersebut telah menyelesaikan tahap draf eksposur, untuk kompendium terakhir ini baru 18 September 2012 ini dilakukan ekspos drafnya. Dan, komentar Anda masih akan ditunggu hingga 20 November 2012 mendatang!

Sebagaimana telah ditulis sebelumnya, salah satu hal baru dalam revisi Framework ini  adalah pembedaan antara laporan internal dengan laporan eksternal. Demikian pula, adanya pembedaan antara laporan keuangan dan laporan nonkeuangan. Sebagaimana kita ketahui,  Framework edisi 1992 hanya mengenal tujuan pelaporan keuangan, di samping tujuan kepatuhan dan tujuan operasional. Kompendium ICEFR ini ditujukan bagi pihak-pihak yang bertanggung jawab dalam desain dan  implementasi pengendalian internal pelaporan keuangan, termasuk pelaporan efektivitas CEFR tersebut.

Kompendium ini ditulis oleh PwC setelah menerima masukan dari perwakilan Dewan Penasihat yang terdiri dari wakil-wakil dari berbagai industri, akademisi, instansi pemerintah, pengamat, serta juga berbagai organisasi nirlaba . Dan layaknya kompendium, panduan ini dijanjikan ditulis secara lengkap, detail,  namun tidak bertele-tele. Terdiri dari 166 halaman, sistematika penulisan kompendium ini sesuai dengan urutan komponen pengendalian internal dalam Framework. Selanjutnya, setiap komponen dirinci ke dalam principles, approach, beserta contoh-contohnya.

Tertarik untuk memberi masukan draf eksposur ini? Atau sekedar ingin tahu bagaimana revisi Framework ini diimplementasikan lebih rinci dalam aspek pelaporan keuangan? Silakan unduh drafnya di sini.